Tanjungpinang, CNN Indonesia

Satu keluarga dari Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad maju dalam kontestasi Pilkada 2024 dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Ansar Ahmad yang merupakan Gubernur petahana di Kepulauan Riau akan kembali maju sebagai Calon Gubernur pada Pilkada Kepri 2024.

Selain dia, anaknya yakni Roby Kurniawan yang menjabat Bupati Bintan saat ini juga akan maju kembali dalam Pilkada Bintan 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ayah dan Anak ini merupakan Petahana yang sudah menyatakan diri untuk maju kembali sebagai Calon Kepala Daerah di Pilkada Kepri 2024. Selain itu spanduk dan baliho yang menginformasikan ayah-anak itu maju kembali dalam pilkada pun sudah tersebar di sejumlah titik Kepri.

Pantauan CNNIndonesia com, spanduk dan baliho keduanya juga sudah bertebaran di jalan.

Untuk Ansar Ahmad, spanduk yang terpasang salah satunya bertuliskan, ‘Pak Ansar Lanjutkan 2 Periode kami masih membutuhkanmu untuk melanjutkan pembangunan Kepri‘.

Sementara spanduk Roby juga sudah terlihat bertebaran. Ansar dan Roby sejauh ini dikenal sebagai kader Golkar di Provinsi Kepri. Namun, belum diketahui partai apa yang akan mengusung mereka dalam kontestasi pilkada masing-masing.




Satu Keluarga di Provinsi Kepulauan Riau akan ramaikan Pilkada Kepri 2024. Mereka merupakan Suami - Istri dan Anak sendiri akan maju sebagai Calon Gubernur, Walikota hingga Calon Bupati.Spanduk dukungan terhadap Wali Kota Batam Muhammad Rudy untuk maju dalam Pilgub Kepri 2024. (CNNIndonesia/

Suami istri Walkot Batam dan Wagub Kepri

Selain, ayah-anak Ansar-Roby, ada juga Wagub Kepri saat ini Marlin Agustina yang telah menyatakan diri akan maju dalam Pilkada 2024 di provinsi itu. Marlin adalah istri dari Wali Kota Batam Muhammad Rudi.

Dia digadang-gadang akan menjadi pengganti suaminya untuk maju sebagai Calon Wali Kota Batam. Sementara itu, Muhammad Rudi akan maju sebagai Calon Gubernur Kepri.

Spanduk dan baliho keduanya juga sudah terlihat bertebaran di sejumlah jalan di Batam dan daerah lainnya yang ada di Kepri.

Spanduk keduanya di antaranya tertulis, ‘Mohon Doa dan Dukungan Muhamad Rudi Calon Gubernur Kepri dan Marlin Agustina Calon Walikota Batam‘.

Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU Provinsi Kepulauan Riau, Fery Manalu mengatakan tahapan Pilkada Kepri sudah dimulai. Dia mengatakan untuk penyerahan dukungan calon perseorangan dan verifikasi dukungan dibuka 5 Mei hingga 19 Agustus.

Sementara itu, penyerahan jumlah dukungan perseorangan minimal 150.097 dukungan atau 10 % dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebar minimal 4 Kabupaten/ Kota dari jumlah 7 Kabupaten/ Kota yang ada di Kepri. Sementara untuk pendaftaran Partai Politik dibuka 27 – 29 Agustus 2024.

Dia mengatakan pada Pemilu 2024 lalu, jumlah data pemilih di Kepri mencapai 1,5 juta orang. Sementara untuk jumlah pemilih di Pilkada Kepri pada 2024 ini, kata dia, belum ditetapkan.

Lebih lanjut dia menjelaskan, usai pendaftaran pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri maka 27 Agustus – 21 September 2024, KPU akan melakukan penelitian persyaratan perlengkapan pasangan Bakal Calon. Sehingga baru ditetapkan sebagai Calon Gubernur Kepri dan Wakil Gubernur Kepri pada 22 September 2024.

“Nanti KPU Kepri akan periksa kelengkapan persyaratan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar,” ujar Fery Manalu saat dihubungi Senin (22/4).

Sebelum ya, KPU RI sudah menetapkan pada 27 November 2024, ada 37 Provinsi di Indonesia akan melakukan Pemilihan Kepala Daerah secara serentak termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

(arp/kid)

[Gambas:Video CNN]





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *